Minggu, 03 Oktober 2010

Tips mengatasi Champak

Jika terjangkit gangguan champak maka disegerakan untuk memeriksakan ke doter, akan tetapi sebelum mengunjungi dokter ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebelum ke dokter. Tindakan-tindakan itu antara lain ialah tinggal di rumah sampai penyakit tidak menular lagi, istirahat dan minum banyak cairan, minum obat anti demam, minum obat batuk. Bila menderita sakit telinga, keluar cairan dari telinga, demam terus-menerus, kejang-kejang atau mengantuk maka segeralah ke dokter.

Sebaiknya penderita campak segera di tangani apabila telah timbul gejala-gejala antara lain napas cepat yang tidak normal (terengah-engah), mudah mengantuk, sakit kepala dan muntah. Dengan adanya keadaan yang demikian maka dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan dengan cara diagnosis. Kemudian dokter akan memberikan resep antibiotik untuk otitis media atau radang paru-paru. Jika dokter menduga adanya radang otak maka dokter akan menyarankan Anda untuk memondok di rumah sakit.

Sebagian penderita sembuh total dari campak dalam waktu sekitar sepuluh hari sejak serangan gejala. Satu kali serangan campak akan memberikan kekebalan sepanjang hidup. Penyakit ini sebagian besar terjadi pada usia anak-anak dan pada umumnya dari usia SD hingga masa pubertas. Dan penyakit ini timbul karena di antaranya ialah faktor kondisi tubuh yang mempunyai tingkat gizi yang kurang baik. Namun tidak menutup kemungkinan, meskipun sudah menginjak remaja ataupun dewasa jika pada masa kecilnya belum pernah mengalami penyakit ini maka bisa saja gangguan campak akan dialaminya sewaktu-waktu. apabila memang kondisi tubuh memungkinkan untuk terserang campak, hal ini wajar juga apabila seseorang pada masa balitanya belum sempat mendapatkan imunisasi sebagai vaksinasi untuk daya ketahanan tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar

DAFTAR ISI