Jumat, 09 April 2010

JAMU INDONESIA

By Erik Prabowo • December 21, 2008


Mungkin sudah banyak beredar informasi dikalangan Dokter bahkan masyarakat luas bahwa jamu dapat menyebabkan kebocoran pada lambung ( perforasi gaster ). Benarkah demikian?


Jika kita berbicara mengenai hal ini, tentunya harus sangat berhati-hati dan bertanggungjawab, mengapa? Karena jamu merupakan obat tradisional Indonesia dan merupakan warisan budaya nenek moyang, bayangkan dampaknya bagi masyarakat luas dan pihak asing yang mendengar pernyataan yang kurang bertanggungjawab, "jamu Indonesia membahayakan bisa membuat lambung bocor" . Tentu efeknya akan sangat merugikan bangsa kita sendiri.


Tapi seandainya hal ini benar , jangan sampai juga kita terlambat memberikan informasi ini kepada masyarakat. Lalu bagaimana? Manakah yang benar?


Jika merujuk pada evidence base medicine -nya : perforasi gaster didahului oleh tukak peptik ( PUD = Peptic Ulcer Disease) terbanyak disebabkan oleh infeksi dari Helicobacter pylori dan konsumsi obat golongan antiinflamasi non steroid (NSAID) .


* Data dari Amerika, 70% dari PUD disebabkan oleh infeksi H pylori .


* NSAID menyebabkan sekitar 25% dari PUD yang merupakan akibat sekunder dari penurunan produksi prostaglandin yang diakibatkan oleh inhibisi dari cyclooxygenase .


Untuk di Indonesia belum terdapat data yang jelas, namun tentunya dapat kita simpulkan bahwa infeksi dari H pylori sebagai penyebab dari tukak peptik yang dapat berlanjut menjadi perforasi gaster.


Lalu apa hubungannya dengan jamu? Mari kita kembali pada beberapa waktu yang lalu, santer diberitakan diberbagai media masa bahwa terdapat 54 produk jamu yang tidak terdaftar pada BPOM dan mengandung bahan kimia berbahaya. Bahan yang banyak digunakan antara lain sibutramin, hidroklorida, sildenafil sitrat, siproheptadin, fenilbutason, asam mefenamat, prednison, metampiron, teofilin, dan parasetamol . Semua dalam penggunaannya memerlukan resep dokter.


Penggunaan bahan kimia obat keras secara sembarangan sangat berbahaya bagi kesehatan. Sildenafil sitrat , misalnya, dapat menyebabkan sakit kepala, mual, nyeri perut, nyeri dada, dan bahkan kematian. Adapun Metampiron dapat menyebabkan gangguan saluran cerna, pendarahan lambung, gangguan ginjal, dan bahkan kematian. Prednison merupakan Steroid yang dapat menyebabkan tukak lambung jika digunakan secara tidak tepat.


Jadi jelaslah mengapa JAMU DAPAT MENYEBABKAN KEBOCORAN LAMBUNG, bukan disebabkan oleh karena JAMU itu sendiri , namun bahan -bahan kimia tertentu yang secara tidak bertanggungjawab dimasukkan kedalam produk jamu tersebut.


Selama bertugas dibagian Bedah RS Dr. Kariadi, beberapa kali saya menjumpai kasus perforasi gaster, dengan adanya riwayat mengkonsumsi jamu pegel linu secara rutin. Setelah dikonfirmasi lebih jauh, ternyata jamu-jamuan yang mereka konsumsi memang bukan berasal dari produk yang terdaftar pada BPOM.


Kesimpulannya : Berhati-hatilah saat hendak mengkonsumsi jamu, pastikan bahwa jamu tersebut telah terdaftar pada BPOM, konsumsilah jamu secara bertanggungjawab. Yang dimaksud dengan bertanggungjawab disini adalah mengkonsumsi secara hati-hati dan tidak berlebihan (oleh karena produk jamu tidak memiliki dasar penelitian farmakologis yang mendalam sehingga dosis dan waktu pemberian harus berhati-hati). Hentikan konsumsi jamu tersebut jika terdapat nyeri pada perut bagian atas dan segerah berkonsultasi pada dokter anda.


0 komentar:

Posting Komentar

DAFTAR ISI