Rabu, 15 September 2010

apakah salaman termasuk kejahatan sehingga diharamkan

heran aku dengan persoalan agama. isinya perselisihan mulu. apa kagak ada yang lain gitu. padahal agama kan tempatnya ajaran-ajaran mulia. saling toleransi, mencintai, dan saling menyayangi. cuma salaman aja sudah dianggap urusan besar. seolah mereka yang bersalaman dengan lawan jenis ketika di saat lebaran sudah keluar dari islam, melakukan zina, awal dari perzinaan dll. bener-bener tidak produktif. hingga saat ini blog-blog pada rame ngebahas masalah salaman. mulai dari yang pro dan kontra. bener-bener membuang energi. ngebahas sesuatu yang dalil dan buktinya cuma sedikit. tapi sudah di jadiin sebagai legitimasi hukum. malah ada yang begitu extrem membidahkan orang yang melakukan salaman setelah sholat berjamaah. katanya sie mengganggu orang berdzikir.

hingga aku sering kali berkomentar sendiri. orang islam kok lucu yah. apakah ini yang diajarkan oleh rosulmu? pertanyaan ini sering kali muncul ketika melihat fenomena umat islam khususnya dilingkunganku dan di indonesia kali yah. dan kadang aku juga balik bertanya kepada diriku. beginikah cara rosul mengajrimu (terhadap diriku sendiri). menertawakan orang dengan sikap politiknya.

Allah menurunkan islam untuk mendamaikan antara satu orang dengan orang yang lain. orang baik dengan orang baik. memisahkan antara kejahatan dengan kebenaran. hanya satu yang tidak bisa diterima dalam islam yakni kedzoliman, kegelapan itu musuh islam. sudah baik-baik shalat eh ada pertengkaran karena bidah salaman setelah sholat berjamaah. jadi gak mau sholat dimasjid anu. di mushola anu.

mau baik-baik berkunjung kesanak saudara eh gak boleh salaman dengan saudara-saudara kita. apakah salaman termasuk kejahatan sehingga diharamkan ? tuh kan aku jadi bikin polemik lagi dengan pertanyaan ini. ternyata kedamian itu susah yah untuk mewujudkannya.

0 komentar:

Posting Komentar

DAFTAR ISI